TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

PUSKAPTIS Rilis Survei 3 Paslon Pilkada Indramayu, Siapa Unggul?

Logo Puskaptis/Foto Ist

PROINBAR.COM, INDRAMAYUPusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei terbaru terhadap tiga pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Indramayu 2024.

Lembaga survei terverifikasi KPU RI ini menyatakan, survei dilakukan secara profesional dan menjaga independensi.

Laporan hasil survei yang dipublikasikan diperoleh berdasarkan data dari lapangan.

"Pelaksanaan survei kami independen, tidak ada hubungan dengan ketiga paslon di Kabupaten Indramayu serta menyuguhkan data yang sesungguhnya dari hasil data lapangan," kata Senior Analisa Puskaptis, Tan Laurence dalam keterangannya, Jumat (18/10/2024).

Dia menjelaskan, metodologi kerja survei yang dilakukan adalah sampel dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling).

Dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural serta proporsional antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Proses pengumpulan data dilaksanakan dari tanggal 27 September hingga 02 Oktober 2024 melalui wawancara tatap muka (face to face interview).

Serta dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview) menyasar 800 sampel responden di 31 Kecamatan dan 309 desa. Dengan margin of error +/-2,8 sampai 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

"Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah desa dan kelurahan dengan sampel kelurahan yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat," jelasnya.

Tan Laurence menerangkan, untuk sampling usia responden yang diambil adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih dengan quality control dilakukan terhadap hasil wawancara, yang dipilih secara random sebesar 20 persen dari total sampel.

"Dalam quality control tidak ditemukan adanya kesalahan berarti," imbuhnya. 

Berikut laporan hasil survei Pilkada Indramayu 2024.

Hasilnya, paslon nomor urut 2 Lucky Hakim-Syaefudin unggul 55,09 persen.

Melampaui paslon nomor Urut 3, Nina Agustina-Tobroni yang mendapatkan 25,26 persen dan paslon nomor urut 1, Bambang Hermanto-Kasan Basari, 9,87 persen.

Sementara yang belum memilih 9,40 persen. 

Tan Laurence berjanji akan kembali melakukan survei terakhir pada awal Nopember 2024.

Guna mengukur hasil pengambilan random lapangan terhadap calon yang kemungkinan menjadi harapan pemilih serta guna mengukur tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang. (JPI/rls)

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement



Type above and press Enter to search.