TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

MAHASISWA CIPAYUNG PLUS Kota Mangga Siap Awasi Pilkada Serentak 2024

Empat organisasi kemahasiswaan di Kota Mangga menggelar deklarasi saat acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang diadakan Bawaslu Indramayu/Foto Ist

PROINBAR.COM, INDRAMAYU – Empat organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Mangga menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan Pilkada Serentak 2024 di Bumi Wiralodra.

Pernyataan sikap itu tertuang dalam naskah deklarasi yang dibacakan saat penutupan acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, Rabu (9/10/2024).

Cipayung Plus Kabupaten Indramayu yang terdiri dari HMI, PMII, GMNI dan KAMMI juga berkomitmen mengawal demokrasi elektoral Pilkada Indramayu 2024 yang berkualitas.

Mereka juga mensuport Bawaslu Indramayu dalam melakukan pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa.

Cipayung Plus siap menjadi bagian relawan gerakan pengawasan siber. Turut memberikan edukasi serta informasi yang benar terkait Pilkada kepada masyarakat.

Kordiv Pencehagan, Parmas dan Humas Bawaslu Indramayu, Supriadi mengapresiasi dukungan dari elemen mahasiswa tersebut.

Dia menyatakan, Bawaslu Indramayu sengaja mengajak seluruh eleman mahasiswa di Kota Mangga untuk lebih produktif dalam mengawal seluruh tahapan pemilihan serentak 2024.

Kontribusi aktif mahasiswa dipercaya akan menambah kualitas pemilihan semakin baik. 

Supriadi memaparkan, Bawaslu Indramayu melaksanakan kegiatan Pendidikan Pengawasan Partisipatif (P2P) untuk para mahasiswa.

Guna mensosialisasikan mekanisme dan aturan terkait dengan proses pengawasan Pilkada dan proses penanganan pelanggaran.

Kegiatan P2P tahun 2024 ini dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu (8-9/10/2024) bertempat di Hotel Wiwi Perkasa 2 Kota Mangga.

Maksud dari kegiatan P2P ini adalah untuk mensosialisasikan program dan strategi Bawaslu dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran di tahapan Pilkada 2024. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman serta partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa dalam pengawasan Pilkada 2024,” terangnya.

Lanjut dia, kegiatan ini pun menjadi sarana pendidikan bagi mahasiswa agar lebih memahami mekanisme pengawasan dan penanganan pelanggaran yang ada di Bawaslu.

Serta untuk menciptakan aktor-aktor dan kader penggerak pengawasan secara partisipatif. “Mahasiswa harus punya peran dalam pesta demokrasi. Salah satunya bisa melibatkan diri bersama Bawaslu awasi Pilkada 2024,” tandasnya. (JPI/rls)

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement









Type above and press Enter to search.