TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

CAMAT Bakal Dapat Dana Insentif Tambahan Sampai Rp50 Juta, Tapi Ada Syaratnya..

Sekda Jabar, Herman Suryatman/Foto Humas Jabar

PROINBAR.COM, KOTA BANDUNG – Para Camat bakalan mendapat dana insentif tambahan yang nilainya cukup besar. Angkanya bisa mencapai Rp50 juta.

Dana insentif tambahan itu berasal dari Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat. Akan diberikan pada tahun 2025 nanti.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Selda) Jabar, Herman Suryatman.

Dia mengumumkan komitmen Pemdaprov untuk memberikan insentif tambahan saat memimpin rakor yang dihadiri sebanyak 209 Camat dari seluruh Jabar. 

Tempatnya di Gedung Bale Asri Pusdai, Kota Bandung, Rabu (9/10/2024).

Ke-209 Camat tersebut sengaja dipanggil dan menerima tugas langsung dari Sekda Jabar, untuk Jabar maju dan terdepan.

Dalam kesempatan itu, Herman menyampaikan, Pemdaprov Jabar akan menyediakan dana insentif tambahan Rp20-50 juta pada tahun 2025.

Kepada para Camat yang dinilai sukses mengakselerasi indikator makro provinsi. 

Indikator makro provinsi mencakup penanggulangan kemiskinan, stunting, pengangguran dan penciptaan lapangan kerja, serta menstimulus laju pertumbuhan ekonomi. 

Insentif tambahan bagi para Camat diambil dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) yang dikelola Bapenda Jabar.

"Dana optional itu dari provinsi, dari PKB dan BBNKB kemudian ditransfer ke kabupaten kota melalui Bapenda Jabar. Dan kami minta untuk dikawal sampai ke kecamatan. Itu salah satu direktif dari Pak Gubernur dari kami provinsi," terangnya.

Melalui insentif ini, Herman berharap para Camat membangun wilayahnya tidak saja dari perspektif kabupaten/kota tapi sudut pandang provinsi.

"Bukan perspektif kecamatan untuk kecamatan," cetus Herman. 

"Posisi Bapak Ibu Camat ini sangat strategis. Jawa Barat maju atau tidak salah satunya ditentukan oleh kinerja Camat," ungkapnya.

Menurutnya, kecamatan hebat jika desa atau kelurahannya hebat.

"Artinya kita harus mulai dari lapangan, pastikan desa hebat, pastikan kelurahan hebat yang paling bertanggung jawab atas hebatnya desa kelurahan adalah Camat," pungkas Herman. (JPI/Humas Jabar)

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement









Type above and press Enter to search.