TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

Mengenal CDPOB di Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Garut Utara

Foto Istimewa

PROINBAR.COM - SALAH SATU calon kabupaten baru di Provinsi Jawa Barat, yaitu Garut Utara.

 

Kecamatan Cibiuk dibidik menjadi ibu kota atau pusat pemerintahan Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) dengan luas sekitar 51.260 hektare atau 512,6 kilometer persegi tersebut.

 

CDPOB Kabupaten Garut Utara memiliki 116 desa dan 11 kecamatan yaitu Limbangan, Cibatu, Kadungora, Karangtengah, Kersamanah, Leles, Leuwigoong, Malangbong, Selaawi, Sukawening, dan Cibiuk.

 

Jumlah penduduknya sebanyak 692 ribu jiwa.

 

Kabupaten Garut sebagai daerah induk akan mengalami pengurangan jumlah penduduk. Sebelumnya jumlah penduduk Garut mencapai sekitar 2,5 juta jiwa, akan berkurang menjadi 1,8 jutaan.

Wilayah CDPOB Kabupaten Garut Utara bakal berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di sebelah utara. Kemudian, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Garut, di barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung, dan bagian timur berbatasan dengan Tasikmalaya.

 

Pemerintah Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk akan memberikan dukungan dana. Pemberian ini dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah persiapan Kabupaten Garut Utara minimal sebesar Rp15 milyar per tahun untuk jangka waktu tiga tahun berturut-turut sejak peresmian.

Selain memberikan dukungan dana, Pemkab Garut akan memberikan bantuan dalam bentuk lainnya.

 

Sebanyak 2.885 PNS akan diserahkan untuk bertugas di wilayah calon daerah persiapan, memberikan sarana dan prasarana berupa aset pemerintahan, serta dokumen rekapitulasi keputusan BPD dan berita acara cakupan wilayah. (*)

 

**Informasi dan foto dihimpun dari berbagai sumber

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement









Type above and press Enter to search.