TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

GO INTERNASIONAL! Guru SMP Global Mandiri Patrol Terpilih Ikuti Program Microcredential CS50x Indonesia-Harvard University

Guru bahasa Inggris sekaligus kepala SMP Global Mandiri Patrol, Muhamad Amirudin Hamid bersama Prof David J Malan dari Harvard University/Foto Istimewa

PROINBAR.COM, PATROL – Dunia pendidikan di Bumi Wiralodra patut berbangga. Salah satu pendidik di SMP Global Mandiri Patrol mampu menorehkan prestasi level internasional.

 

Ia adalah Muhamad Amirudin Hamid. Guru bahasa Inggris di SMP Global Mandiri Patrol ini terpilih menjadi mahasiswa Program Microcredential CS50x Indonesia-Harvard University.

 

Sebuah program kredensial mikro bagi guru yang digelar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek RI, bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program CS50x ini dilaksanakan sebagai apresiasi terhadap guru yang telah mengabdikan diri di dunia pendidikan.

 

“Alhamdulilllah ini merupakan sebuah keberhasilan yang luar biasa dan tentunya menjadi kebanggaan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Indramayu,” kata teacher Amir sapaan akrab Muhamad Amirudin Hamid, Minggu (10/3/2024).

 

Bangga, lantaran untuk menjadi peserta program CS50x ini tidak mudah. Harus bersaing dengan ribuan pelamar dari seluruh Indonesia. Dari sekitar 5000 pendaftar jenjang SMP, SMA, dan SMK hanya diambil 130 peserta yang lolos melalui tahap seleksi yang ketat.

 

“Berkat pengalaman mengajar bahasa inggris lebih dari 20 tahun, Alhamdulillah saya berhasil terpilih,” ucapnya penuh rasa syukur.

 

Selanjutnya, bagi yang terpilih harus mengikuti program CS50x selama 22 minggu secara daring. Para guru peserta CS50x belajar algoritma, struktur data, encapsulation, manajemen sumber daya, keamanan, software engineering, hingga web development.

Harapannya, para guru alumnus CS50x dapat belajar memecahkan masalah dengan lebih efisien hingga mengembangkan pembelajaran berbasis proyek yang menyenangkan.

 

Setelah belajar online, para guru yang terpilih kemudian belajar digital skill lebih lanjut secara tatap muka pada 8-9 Maret di Jakarta Intercultural School (JIS) bersama Prof David J Malan dari Harvard University.

 

“Kami dan para peserta lainnya kemudian mengikuti kegiatan pembelajaran selama 5 bulan dalam mode daring dan kemudian ada pembelajar tatap muka. Peserta akan dinyatakan lulus apabila sudah menyelesaikan final project sesuai standar Harvard University,” kata dia.

 

Amir yang juga kepala SMP Global Mandiri Patrol melanjutkan, rangkaian loka karya dan penutupan kegiatan di laksanakan di Jakarta Intercultural School (JIS) dan Gedung C Kemendikbudristek. 

 

Diapun berkesempatan turut hadir dalam loka karya dan wisuda program CS50x yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nadhiem Anwar Makarim dan Prof David J Malan dari Harvard University. (JPI-01).

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement









Type above and press Enter to search.