TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

Mengenal CDPOB di Provinsi Jawa Barat: Kabupaten Tasikmalaya Selatan

Foto Istimewa.


PROINBAR.COM - TASIKMALAYA SELATAN masuk dalam salah satu calon kabupaten baru di Provinsi Jawa Barat. Itu seletah, Gubernur dan DPRD Jabar menyetujui Kabupaten Tasikmalaya Selatan sebagai Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB).

CDPOB Kabupaten Tasikmalaya Selatan bakal memiliki luas wilayah sekitar 471 kilometer persegi, 10 kecamatan dan 95 desa. Kecamatan Karangnunggal diproyeksikan menjadi pusat pemerintahan Tasikmalaya Selatan.

 

Setelah diresmikan menjadi daerah persiapan, Kabupaten Tasikmalaya bakal memberikan bantuan dana kepada Tasikmalaya Selatan dalam rangka persiapan sekitar Rp7,5 miliar dalam tiga tahun berturut-turut.

 

Daerah persiapan Kabupaten Tasikmalaya Selatan ini berbatasan dengan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Majalengka di sebelah utara. Kemudian, sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Garut. Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Adanya CDPOB Tasikmalaya Selatan itu, luas wilayah Kabupaten Tasikmalaya selaku daerah induk pun berkurang. Luas Kabupaten Tasikmalaya yang sebelumnya 2.708 kilometer persegi, akan berubah menjadi 1.129 kilometer persegi. Termasuk jumlah kecamatan, dari 39 kecamatan, bakal berkurang menjadi 29 kecamatan. (*)

**Informasi dan foto-foto dihimpun dari berbagai sumber

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement









Type above and press Enter to search.