TfClTSA0GfroTUC5GUd9TUC8BA==

POTENSI SUKRA: Kawasan Industri

PLTU Indramayu yang berada di wilayah Kecamatan Sukra

PROINBAR.COM - Wilayah pantura Kecamatan Sukra sejak lama bakal dijadikan sebagai salah satu wilayah Kawasan Peruntukan Industri (KPI) di wilayah barat Kabupaten Indramayu.

 

Menjadi daerah penyangga keberadaan pelabuhan Internasional Patimban Subang serta Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu.

 

Selain Kecamatan Sukra, terdapat 5 kecamatan lainnya yang juga dijadikan KIP. Yaitu Kecamatan Patrol, Tukdana, Losarang, Balongan dan Gantar-Terisi.

 

Kelima wilayah Kecamatan itu berpotensi tumbuh besar sebagai kawasan industri karena telah dan akan memiliki banyak infrastruktur pendukung.

 

Keberadaan Pelabuhan Patimban, akses Tol Cipali serta Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati akan menjadi daya tarik para investor mengembangkan kawasan industri di sekitar wilayah tersebut.

 

PLTU Indramayu sendiri merupakan pembangkit listrik tenaga uap yang berdiri di Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra. Pembangkit listrik yang dikelola oleh anak usaha PLN, PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) memiliki total kapasitas energi sebesar 3×330 megawatt (MW).

 

Energi yang dihasilkan pembangkit ini mampu menyuplai listrik di wilayah Jawa dan Bali. Sejak 13 tahun lalu, PLTU Indramayu dikenal sebagai objek vital nasional, yang menyuplai energi listrik untuk Jawa dan Bali, utamanya kawasan Jawa Barat dan DKI Jakarta.

 

Pembangkit listrik Indramayu sisi utara berbatasan langsung dengan pantai utara pulau Jawa. Di sisi lainnya, pembangkit ini dikelilingi oleh hijaunya persawahan.

 

Tak hanya kawasan industri, pesisir pantai diwilayah paling barat Bumi Wiralodra ini juga terdapat objek wisata bahari yang berada di Desa Ujunggebang.

 

Kecamatan Sukra juga memiliki ikon yang dikenal luas secara nasional. Yakni Jembatan Sewo, jembatan terbersih di dunia. (*)

 

 

 

 

Komentar0

Simak artikel pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih kanal favoritmu! Akses berita Proinbar.com lewat:

Advertisement



Type above and press Enter to search.